Senin, 15 Oktober 2018

Guru lebih dari Kedua Orang Tua



Kasih Sayang seorang Guru kepada Murid-muridnya Melebihi Kasih Sayang Kedua Orang Tuanya

Rasulullah Saw. Pernah bersabda: إنما أنا لكم مثل الوالد لولده “Sesungguhnya Aku bagi Kalian (tidak bedanya) seperti ayah untuk anaknya”. Sikap seorang Guru terhadap murid-muridnya dengan memperlakukan mereka layaknya anak sendiri itu bertujuan untuk menyelamatkan mereka dari api akhirat. Karena kasih sayang tersebut lebih urgen daripada kedua orang tua yang menyelamatkan anaknya dari api dunia.
Oleh karena itu, hak pengajar jadi lebih besar daripada hak kedua orang tua. Karena orang tua sebab kehadiran kita di dunia yang fana, sedangkan Guru menjadi sebab kehidupan yang kekal/abadi. Seandainya tidak ada guru, tentu kita akan terjerumus ke dalam kebinasaan. Sesungguhnya guru hanya pemberi manfat bagi kehidupan ukhrowi yang kekal. Yakni, guru yang mengajarkan ilmu-ilmu akhirat, atau ilmu-ilmu dunia dengan tujuan untuk kehidupan akhirat bukan untuk mengeruk kehidupan dunia.
Pembelajaran yang hanya bertujuan untuk keuntungan dunia itu celaka dan mencelakakan. Kita berlindung kepada Allah dari perbuatan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbahagialah Para Guru

Tugas-Tugas dalam Mengajar Mengajar adalah aktivitas yang sangat mulia yang berkaitan dengan ilmu, karena di dalamnya ada kegiatan; m...